Alhamdulillah acara khitanan massal Paguyuban Alumni Elektro 99 ITB bekerjasama dengan asrama Bumi Ganesha berjalan dengan lancar, seperti kata pepatah “kacang tak lupa pada kulitnya”, alumni Elektro ‘99 ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Cisitu atas hospitality dan openness masyarakat Cisitu  kepada alumni Elektro ‘99 selama ketika mereka menjadi mahasiswa. Niat baik alumni Elektro ’99 tersebut disambut baik oleh Keluarga Asrama Mahasiswa (KAM) Bumi Ganesha ITB yang berada dalam lingkungan masyarakat Cisitu. KAM Bumi Ganesha ITB yang dalam hal ini diwakili oleh Biro Sosial Kemasyarakatan yang juga memiliki niat yang sama akhirnya melakukan kerjasama akan hal tersebut. Hingga akhirnya disepakati bahwa KAM Bumi Ganesha ITB yang merangkul masyarakat sekitar sebagai penyelenggara kegiatan dan alumni Elektro ’99 sebagai donatur penuh dan penentu kegiatan yang dilaksanakan. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah:

  1. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan kepedulian sosial masyarakat sekitar.
  2. Sebagai sarana silaturahmi antara Alumni Elektro 99, KAM  Bumi Ganesha ITB, dengan warga RW 10 dan RW 12 Cisitu Lama Bandung.

 Kegiatan khitanan massal ini dilakukan dalam 2 sesi kegiatan, yaitu arak-arakan dan khitanan massal.

  1. Arak-arakan
    1. Tanggal            : 3 Juli 2011
    2. Waktu              : 08.00-12.00 WIB
    3. Tempat             : Asrama Bumi Ganesha ITB dan wilayah sekitar Cisitu
    4. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan :

Sebelum melaksanakan kegiatan arak-arakan, para peserta khitanan massal beserta pihak keluarga dan masyarakat sekitar berkumpul di Asrama Bumi Ganesha ITB. Para peserta khitan terlebih dahulu melakukan registrasi dan diberikan baju muslim untuk arak-arakan. Acara diawali dengan kata sambutan dari Alumni Elektro ’99 dan Ketua RW 10 di lapangan Asrama Bumi Ganesha.Arak-arakan sekitar 1,5 jam dari pukul 09.00 dengan rute Asrama Bumi Ganesha – Asrama Mahasiswa Asing – SDN Cisitu – LIPI – Pusdiklat Geologi – Asrama Bumi Ganesha. Khusus untuk peserta khitan menggunakan andong. Arak-arakan diikuti sekitar 100 orang partisipan yang berlangsung dengan meriah dan menimbulkan sedikit kemacetan di Jalan Cisitu Lama. Setelah arak-arakan selesai, dilanjutkan dengan Alhamdulillah beberapa acara hiburan dari panitia.

Sambutan dari perwakilan Elektro 99 bapak Ervan

Start Arak – arakan

Arak – arakan

Sebagian dokumentasi dari acara arak – arakan Khitanan massal ( Foto dan video selengkapnya dilampirkan pada CD Dokumentasi )

  1. 2. Khitanan Massal
    1. Tanggal            : 4 Juli 2011
    2. Waktu              : 10.30-16.30 WIB
    3. Tempat             : Asrama Bumi Ganesha ITB dan Seno Medika Klinik
    4. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan :

Para peserta beserta keluarga dikumpulkan di Asrama Bumi Ganesha untuk diberangkatkan menuju Seno Medika Klinik. Pemberangkatan dilakukan pukul 11.30 dengan menggunakan bus Damri dan sebagian menggunakan kendaraan pribadi. Sesampai di Seno Medika Klinik, Peserta diarahkan untuk ishoma terlebih dahulu dan dikumpulkan di aula. Peserta yang dikhitan berjumlah 27 orang. Adapun acara yang dilaksanakan adalah pengarahan kegiatan khitan, penyuluhan kesehatan oleh mahasiswa FK Unpad, pemberian plakat penghargaan kepada pengisi acara, dan potong tumpeng. Setelah itu, peserta khitan dibagikan sarung dan dilakukan khitan secara sekaligus. Sedangkan pihak keluarga menunggu sambil menyaksikan acara hiburan dari panitia. Acara dimeriahkan oleh Tari Indang, Tari Sajojo, doorprize dan grup musik dari Asrama Bumi Ganesha. Setelah kegiatan di Seno Medika Klinik selesai, peserta dipulangkan menuju Asrama Bumi Ganesha menggunakan Bus Damri dan sebagian menggunakan kendaraan pribadi. Sesampai di Asrama Bumi Ganesha, peserta dipersilahkan kembali ke kediaman masing-masing.

Tari Indang BG

Penjelasan Khitan Oleh pihak Seno Medika Klinik

Testimoni Acara Khitanan Massal dari Pihak Elektro 99 ( Pak Ervan )

Testimoni Acara Khitanan Massal dari Pihak Panitia Asrama Bumi Ganesha

Terima kasih diucapkan kepada seluruh pihak yang ikut mensukseskan acara ini, tetep semangat dan terus ikut berkontribusi bagi bangsa, karena sebaik baik manusia adalah manusia yang dapat bermanfaat bagi orang lain, untuk laporan pertanggungjawaban khitanan massal dapat di download di LPJ khitanan massal.