HEALTH BUILDING

“Pemeriksaan Kesehatan GRATIS untuk Cisitu”

Apa yang akan anda pikirkan ketika badan sudah terkulai kaku di atas ranjang tempat tidur rumah sakit? Entah penyakit apa yang diderita, namun anda tak bisa melakukan apa-apa. Bayangkan jika saat itu anda tak mempunyai uang, fasilitas maupun sanak family yang mau menanggung biaya pengobatan anda. Maka saat itulah anda tinggal pasrah kepada kehendak Tuhan YME. Pada hakikatnya hidup atau mati-nya manusia adalah hak Tuhan YME, namun pada syari’at-nya manusia wajib berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk menjaga kesehatan dirinya masing-masing.

Banyak dari kita hanya sadar bahwa sehat itu mahal justru ketika sedang sakit.

Jika anda memiliki fasilitas yang memungkin anda untuk berobat secara tepat ketika sakit, maka anda termasuk salah seorang dari (hanya) 139.424.348 warga Indonesia yang terdata memiliki jaminan kesehatan. Masih ada 96.610.130 warga lainnya yang belum memiliki jaminan kesehatan [1]. Hal ini diperburuk dengan lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat, dari mulai pola makan, sanitasi jamban, sanitasi rumah, penanganan limbah, dll. Penyebab datangnya penyakit itu sebenarnya dapat dicegah, jika ada keinginan dan ilmu yang menunjang hal itu.

Jika memang kesehatan itu mahal, mengapa kita berperilaku ramah pada sumber penyakit?

Maka itu Paguyuban EL99 terpanggil untuk memberikan edukasi kepada warga masyarakat padat penduduk untuk berpola hidup sehat. Dalam hal ini, karena latar belakang historis dan kedekatan emosi, maka Program ini akan diadakan di lingkungan Cisitu.

BAGAIMANA CARANYA?

Paguyuban EL99 bersama dengan Keluarga Asrama Mahasiswa Bumi Ganesha (KAM-BG) akan mengadakan pemeriksaan, pengobatan dan edukasi kesehatan secara GRATIS untuk 100 orang warga miskin di Cisitu (tepatnya di lingkungan Asrama BG). Layanan medis akan diberikan oleh Tim Medis Asy-Syifa Fakultas Kedokteran Unpad yang memiliki pengalaman dan kompetensi yang memadai untuk melaksanakan kegiatan semacam ini. Acara yang rencananya dilaksanakan pada akhir Februari 2012 di Asrama Bumi Ganesha ini, akan menitikberatkan pada edukasi kesehatan melalui penyuluhan maupun konsultasi pada saat pemeriksaan kesehatan berlangsung.

Maka itu Paguyuban EL99 mengajak rekan-rekan Alumni ITB sekalian untuk turut serta men-sehat-kan rakyat Indonesia melalui satu langkah kecil bersama-sama. Langkah kecil yang mungkin saja dapat menyelamatkan masa depan seseorang.

Donasi dapat diberikan melalui:

Bank Mandiri KC Bandung – Surapati

No. Rek : 131-00-2221119-9

A.n. Hengki Kristian Audita

Dukungan dana maupun moril sebesar apapun pastinya akan bermanfaat. Semoga Tuhan YME membalas amal donatur sekalian, berkali-kali lipat. Dan juga, semoga aktifitas kita senantiasa diiringi kesehatan yang baik sehingga dapat berkarya, beramal soleh dan meraih kebahagiaan sebaik-baiknya, aamiin.

[1] Profil jaminan kesehatan nasional; 2010, http://www.jamsosindonesia.com/cstatistic

>Khitanan Massal EL99 “Terimakasih Cisitu…”

Setelah program Beasiswa Sarjana EL99 tengah berjalan 4 semester, Paguyuban EL99 ber-inisiatif untuk membuat program yang lebih dekat pada kehidupan mahasiswa ITB, yang lebih memiliki ikatan emosional dengan alumni ITB. Selain itu program diharapkan lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Maka itu Paguyuban EL99 bekerja sama dengan Keluarga Asrama Mahasiswa – Bumi Ganesha (KAM-BG) untuk mengadakan program Khitanan Massal EL99 yang berjudul: “Terimakasih Cisitu…”. Program ini ditujukan untuk warga yang paling dekat dengan lingkungan asrama, termasuk dengan putra dari pegawai Asrama Bumi Ganesha itu sendiri.

Program khitanan massal ini rencana-nya akan diadakan pada tanggal 10 Juli 2011 terhadap 50 anak, yang bertempat di klinik Seno Medika yang sudah berpengalaman dalam meng-khitan dalam jumlah yang banyak, juga mempertimbangakan faktor hygiene tempat dan peralatan khitan.

Diharapkan dengan program Khitanan Massal di Cisitu ini, akan membuka kerja sama lebih jauh dengan KAM-BG dan juga sebagian masyarakat Cisitu. Rencana kedepannya adalah program Beasiswa Pendidikan dan Pendidikan Kesehatan yang ber-fokus pada warga Cisitu (Cisitu Lama pada khususnya).

%d bloggers like this: