EDUCATION BUILDING

Program “Lomba Karya Tulis Untuk Guru”

Paguyuban EL-99 mengadakan Lomba Karya Tulis Untuk Guru dengan tema Best Practice Pendidikan berisi ttg pengalaman mengajar sehari-hari yang inspiratif, materi artikel bisa berupa :

* Metode pengajaran inovatif yang membuat kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) makin berkualitas

* Pengalaman menghadapi siswa yang bermasalah dalam belajar

* Manajemen waktu bagi guru

* Pengalaman mengakses sumber-sumber materi bagi peningkatan
kompetensi guru dan KBM di kelas

* Pengalaman pembelajaran siswa ketika terjun ke masyarakat

* Pengalaman dalam melakukan evaluasi KBM

* Kegiatan-kegiatan di sekolah lainnya yang inspiratif dan
layak dibagikan untuk peningkatan kualitas pendidikan nasional

Kompetisi ini untuk Guru, Siswa dan Umum

Panitia akan memilih 50 artikel terbaik dg hadiah Rp 500rb/artikel,pengumuman pemenang akan dimulai di tanggal 30 November dan akan dilakukan hingga 31 Juli 2012.
Hadiah bagi pemenang akan dilaksanakan maksimal 1 bulan dari pengumuman pemenang bulanan.
Artikel terpilih dan pengumuman pemenang akan ditampilkan  di website Paguyuban EL-99 di alamat :

https://paguyubanelektroitb99.wordpress.com/

Artikel yg terkumpul akan dikumpulkan dlm sebuah ebook yg dapat di-download gratis.

Artikel dikirim ke :

rulankisriarto@yahoo.com atau yayasanel99@yahoo.com

Keterangan lebih lanjut :

Rulan Kis (08562156794)


>Beasiswa Sarjana EL99

Menyadari bahwa pendidikan lanjutan sangat penting dalam memecah lingkaran kemiskinan, maka Paguyuban EL99 memberikan Beasiswa Sarjana kepada 4 orang mahasiswa STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Cirebon, yang keseluruhannya merupakan alumnus dari SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon. Program ini dimulai pada tanggal 23 Juni 2009. Paguyuban EL99 memberikan beasiswa yang meliputi biaya ujian, uang pendaftaran masuk, uang SPP, uang saku sehari-hari dari masuk sampai dengan lulus. Uang saku sehari-hari ini besarnya ber-variasi tergantung dari besar IP semester terakhir, sebagai pendorong mahasiswa/I untuk ber-prestasi maksimal.

Karena satu dan lain hal, 1 orang penerima Beasiswa Sarjana tidak dapat melanjutkan kuliahnya, sehingga sampai dengan saat ini (30 Maret 2011) tercatat ada 3 orang mahasiswa/I penerima Beasiswa Sarjana yang menempuh studi di Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA – Biologi dan Pendidikan IPS.

Diharapkan calon-calon guru penerima Beasiswa Sarjana EL99 dapat memberikan ilmu yang bermanfaat, sekaligus memecah lingkaran kemiskinan keluarga karena kurangnya pendidikan.

>Beasiswa EL99 Batch III

Karena SPP di-gratis-kan oleh Pemprov Jawa Barat, maka pada tanggal 15 Februari 2009, program beasiswa SPP dialihkan menjadi beasiswa kelengkapan sekolah (alat tulis, buku 1 set, tas) dan novel “Laskar Pelangi” series kepada 15 orang Siswa/siswi SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon yang berasal dari keluarga pra-sejahtera.

Kali ini Paguyuban EL99 berharap agar kisah inspiratif “si ikal” dalam novel Laskar Pelangi mampu meng-inspirasi Siswa/siswi untuk tetap optimis dalam menghadapi kesulitan hidup dan tetap berani bermimpi.

>Beasiswa EL99 Batch II

Pada tanggal 13 Agustus 2008 diberikan beasiswa SPP satu semester penuh kepada 15 siswa/siswi SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon. Seluruh Siswa/siswi ini berasal dari keluarga pra-sejahtera yang dipilih oleh pihak sekolah dan melalui seleksi data diri & wawancara yang dilakukan oleh perwakilan Paguyuban EL99.

Foto penerima beasiswa EL99 batch II

Hal yang menarik disini adalah ada seorang penerima beasiswa yang ibunya menjadi TKI illegal di Timur Tengah yang kemudian bermasalah, sehingga nafkah tidak ada dan sang ayah lari dari rumah. Tinggallah ia berdua bersama adiknya menjadi anak yang selayaknya Yatim Piatu. Sambil sekolah dia bekerja di koperasi sekolah dan menerima jasa cuci pakaian. Sebenarnya dia mendapatkan Beasiswa Sarjana (SPP & Uang saku bulanan) dari Paguyuban EL99, namun karena beratnya hidup akhirnya ia melepas kesempatan ini dan bekerja sebagai pelayan warung nasi.

>Beasiswa EL99 Batch I

Pada tanggal 4 April 2008 diberikan beasiswa SPP satu semester penuh kepada 5 siswa/siswi SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon. Kelima Siswa/siswi ini berasal dari keluarga pra-sejahtera yang orang tuanya bermata pencaharian sebagai buruh tani atau buruh nelayan. Seluruh Siswa/siswi ini menunggak SPP sampai hampir setahun.

Seleksi penerima beasiswa dilakukan dengan menyeleksi Siswa/siswi yang diajukan oleh sekolah (data diri & wawancara). Dari 5 orang yang diajukan, seluruhnya memenuhi kriteria untuk mendapat beasiswa.

foto Beasiswa EL99 Batch I

Hal yang menarik disini adalah ada 2 orang bersaudara penerima beasiswa (dari 6 orang kakak-beradik) sejak kecil menjadi yatim. Tumpuan hidupnya ada pada kakak-nya yang menjadi buruh nelayan. Sang adik berencana untuk berhenti sekolah untuk membantu kakaknya menjadi buruh nelayan. Hal ini menambah semangat kami untuk memecah rantai kemiskinan karena kurangnya pendidikan.

foto  Beasiswa EL99 Batch I _2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: